Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

5 Olahraga Yang Sangat Dianjurkan Bagi Penderita Asma

Baca Juga

5 Olahraga Yang Sangat Dianjurkan Bagi Penderita Asma
- Berolahraga atau melaksanakan aktifitas fisik merupakan salah satu pantangan bagi penderita asma , alasannya yakni hal ini mampu memicu kekambuhan penyakitnya tersebut. Meskipun demikian , bukan berarti penderita asma tidak diperbolehkan melaksanakan olahraga sama sekali.

Anda masih mampu melaksanakan olahraga tertentu dengan catatan sudah dianjurkan oleh dokter. Nah , berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang masih aman untuk dilakukan para penderita asma.

1.Yoga

Olahraga yang satu ini sangat dianjurkan bagi penderita asma. Karena latihan pernapasan pada yoga mampu mengaktifkan paru-paru secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menemukan , kalau penderta asma yang melaksanakan latihan Hatha yoga selama 2 1/2 jam per ahad dalam kurun waktu 10 ahad mampu mengurangi konsumsi obat-obatan asma.

2.Golf

Golf yakni salah satu olahraga mewah yang sangat bermanfaat untuk penderita asma. Menurut Mark , berjalan ke track golf berikutnya dan mengayunkan tangan mampu membantu seseorang mengurangi gejala asma. Silahkan anda mencobaa bermain golf setidaknya 2x dalam seminggu.

3.Renang

Aktifitas fisik di dalam air ini mampu menjadi pilihan terbaik bagi penderita asma. Menurut Holbreich , teknik pernapasan dan gerakan renang mampu melonggarkan lendir yang menumpuk di paru-paru. Penderita asma juga dianjurkan untuk rutin melaksanakan renang setidaknya 3x dalam seminggu.

Selain bermanfaat untuk menjaga kebugaran badan , sakit asma yang dideritanya pun mampu disembuhkan secara bertahap.

4.Berjalan Kaki

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau orang cukup umur yang rutin berjalan kaki 3x seminggu dalam 12 ahad mampu mengendalikan dan meningkatkan kebugaran badan tanpa harus takut asma akan kambuh.

Lisa M. Schwiebert , PhD sang penulis penelitian sekaligus profesor asosiat bidang biologi sel , integratif , dan pengembangan di University of Alabama , Birmingham mengungkapkan kalau latihan terbaik bagi penderita asma untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya yakni jalan kaki.

Selain itu , dokter internis Scott & White Healthcare ,Round Rock ,Texas Lianne Marks Md menyarankan untuk selalu mengawali jalan kaki dengan beberapa pemanasan ringan , kemudian berjalan kaki 30 menit dan mengahirinya dengan pendinginan.

5.Bisbol

Mark Holbreich , MD spesialis alergi dari Indiana mengungkapkan kalau bisbol yakni olahraga yang aman untuk penderita asma. Gerakan lari pada bisbol mampu berfungsi sebagai sarana latihan pernapasan. Bahkan sebuah penelitian pernah menemukan 75% anak penderita asma yang rutin berlatih bisbol tak lagi memerlukan inhaler.
Back To Top