Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Tradisional Alami & Permanen

Baca Juga

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Tradisional Alami & Permanen

Bau ketiak merupakan salah satu dilema busuk tubuh yang sering dialami oleh orang-orang pada ketika ini, walaupun tidak tergolong sebagai penyakit berat, busuk ketiak merupakan dilema yang sangat mengganggu sekali.

Apalagi kalau kita sedang berada ditempat umum lalu tercium busuk ketiak yang enggak banget muncul dari ketiak kita, tentu saja akan sangat memalukan sekali bukan.

Pada dasarnya busuk ketiak merupakan sumber busuk tubuh yang paling mayoritas dibandingkan dengan sumber busuk pada adegan tubuh lainnya.

Hal ini disebabkan karena jumlah kelenjar apokrin disekitar ketiak lebih banyak dibandingkan dengan adegan tubuh lainnya sehingga keringat dari sisa metabolisme tubuh lebih banyak keluar melalui ketiak ini.

Bau ketiak ini secara ilmiah biasa disebut dengan istilah bromhidrosis atau ada juga yang menyebut dengan istilah osmidrosis.

Penyebab busuk ketiak paling utama memang dari keringat, namun ternyata keringat hanya sebagai pemicunya saja, masih banyak faktor-faktor lain yang dapat menjadikan busuk ketiak tak sedap dari ketiak anda.

Oleh alasannya itulah sebelum anda melaksanakan penanganan lebih lanjut untuk menghilangkan busuk ketiak sangat disarankan sekali bagi anda untuk mengetahui aneka macam macam faktor penyebab busuk ketiak, semoga selain dapat membantu penanganan dilema busuk ketiak lebih maksimal, mengetahui penyebab busuk ketiak juga dapat membantu anda untuk mengantisipasi semoga tidak terkena dilema busuk ketiak lagi dikemudian hari.

Penyebab busuk ketiak tak sedap

Keringat bercampur dengan abu dan kotoran

Ini merupakan penyebab busuk ketiak yang paling sering sekali terjadi, karena tingginya aktifitas kita sehari-hari tentu saja keringat akan banyak keluar dari tubuh tergantung dengan tingkat intensitas tubuh kita sehari-hari, hal ini akan diperparah apabila keringat kemudian bercampur dengan abu dan kotoran yang menempel pada tubuh anda, tentu saja busuk ketiak pasti akan keluar dan tercium menyengat.

Biasanya busuk ketiak yang disebabkan oleh keringat bercampur dengan abu dan kotoran sering menyerang orang-orang yang sering bekerja dilapangan, misalnya petani, atlit, pedagang dan orang-orang yang sering beraktifitas diluar ruangan.

Keringat bercampur dengan bakteri

Selain keringat bercampur dengan abu dan kotoran, keringat bercampur dengan basil juga dapat menyebabkan timbulnya busuk ketiak yang menyengat pada ketiak anda.

Hal ini dikarenakan basil suka hidup di daerah-daerah yang lembab pada tubuh insan misalnya selangkangan dan ketiak. Kemudian basil akan menghasilkan flora-flora penyebab busuk busuk menyerupai asam kaprilik, kaproik, butirat, dan isovaletat.

Selain itu busuk ketiak juga dapat terjadi akhir reaksi kelenjar apokrin ( kelenjar penghasil keringat ) terhadap basil yang bersarang pada ketiak kita sehingga menghasilkan busuk menyerupai amonia, itulah mengapa kalau anda sedang melaksanakan aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat dari ketiak ketika anda membuka ketiak akan terlihat uap panas yang keluar dan berbau menyengat.

Koloni basil pada ketiak

Jumlah basil pada tubuh insan berbeda-beda tergantung dengan tingkat kebersihan individu masing-masing, oleh alasannya itulah kalau anda mengalami dilema busuk ketiak yang menyengat luar biasa dibandingkan dengan sebelumnya atau dibandingkan dengan busuk ketiak orang lain mampu jadi basil telah banyak berkembang biak dan berkoloni pada ketiak anda. Sehingga kalau basil tersebut bercampur dengan keringat akan menjadikan busuk ketiak yang luar biasa sekali.

Keringat bercampur dengan debu, kotoran dan bakteri

Keringat bercampur dengan abu dan kotoran saja sudah menjadikan busuk yang menyengat apalagi kalau dilema ini diperparah dengan adanya basil yang bersarang pada ketiak kita, tentu saja busuk ketiak yang timbul akan semakin dahsyat dan menyengat sekali.

Mengkonsumsi makanan tertentu

Selain keringat, bakteri, abu dan kotoran ternyata mengkonsumsi makanan tertentu juga dipercaya dapat menyebabkan menjadikan busuk ketiak yang menyengat dari ketiak anda, bukan hanya pada ketiak saja namun busuk yang muncul dapat terjadi pada sekujur tubuh anda.

Karena makanan yang kita konsumsi akan diolah oleh tubuh dan melewati proses metoblisme tubuh sehingga sisa-sisanya akan dibuang keluar tubuh melalui fases dan keringat.

Makanan-makan yang dapat menjadikan busuk ketiak dan busuk tubuh tersebut diantaranya yaitu bawang putih, bumbu kari, daging kambing, pete, jengkol dan makanan yang beraroma tajam lainnya.

Lebatnya bulu ketiak

Bulu ketiak yang lebat juga dapat menyebabkan keadaan busuk ketiak malah semakin buruk, hal ini dikarenakan bulu ketiak yang lebat akan mudah dihinggapi abu dan kotoran sehingga membuat basil akan lebih nyaman untuk berkoloni dan berkembang biak pada ketiak anda.

Nah...setelah mengetahui aneka macam macam penyebab busuk ketiak, lalu bagaimana cara mengatasi busuk ketiak ini.

Cara menghilangkan busuk ketiak tak sedap secara tradisional alami

Membeli produk penghilang busuk ketiak merupakan solusi praktis bagi anda yang tidak ingin repot-repot untuk menghilangkan busuk ketiak namun bahu-membahu daripada mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk penghilang busuk ketiak, cara alternatifnya kita mampu menghilangkan busuk ketiak ini secara alami yaitu dengan menggunakan bahan-bahan tradisional alami yang dapat kita temukan dengan mudah disekitar rumah kita.

Menghilangkan busuk ketiak secara alami juga memiliki keunggulan tersendiri selain murah dan aman, menghilangkan busuk ketiak secara alami juga dapat membantu menutrisi kulit ketiak sehingga menjadi lebih halus dan lembut.

Ingin tau bagaimana cara menghilangkan busuk ketiak menggunakan bahan-bahan tradisional alami tersebut, silahkan anda simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Menghilangkan busuk ketiak menggunakan baking soda

Baking soda dapat membantu menyeimbangkan kelembapan kulit, menyerap keringat berlebih dan secara aktif dapat membantu membunuh basil yang bersarang pada ketiak anda. Tidak heran kalau baking soda ini dapat kita manfaatkan sebagi deodoran alami yang dapat menghilangkan busuk ketiak dengan cepat.
  • Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan satu sendok makan lemon.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan secara merata pada ketiak anda ( jangan digosok ).
  • Diamkan hingga 10 - 15 menit.
  • Lalu membilasnya menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari sebelum mandi hingga busuk ketiak hilang dari ketiak anda.

Menghilangkan busuk ketiak dengan lemon

Lemon merupakan materi tradisional alami yang ampuh sekali untuk mengatasi dilema busuk ketiak yang menyengat, Kandungan asam pada lemon dapat menyeimbangkan kadar pH pada kulit ketiak sehingga membuat basil sulit untuk hinggap dan berkembang biak pada ketiak.

  • Siapkan 1 buah lemon.
  • Potong menjadi 2 bagian.
  • Lalu oleskan 1 adegan buah lemon ke ketiak anda secara merata.
  • Pastikan air lemon membasahi kulit ketiak anda.
  • Biarkan hingga kering sendiri.
  • Gunakan cara ini setiap hari sebelum mandi, hingga busuk ketiak anda hilang sepenuhnya.

Menghilangkan busuk ketiak dengan cuka sari apel

Kandungan cuka sari apel sangat ampuh sekali untuk mengusir basil penyebab busuk ketiak, selain itu cuka sari apel juga pribadi dapat menetralisir busuk ketiak yang sedang anda alami dengan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit ketiak anda.
  • Siapkan bola kapas dan cuka sari apel.
  • Rendam bola kapas dalam cuka sari apel.
  • Lalu mengoleskannya pada kulit ketiak anda.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari sebelum mandi.

Menghilangkan busuk ketiak dengan lobak

Lobak juga ternyata sangat ampuh sekali untuk mengatasi busuk ketiak yang menyengat dari ketiak anda, lobak memiliki sifat anti basil yang secara efektif dapat menyingkirkan basil dari ketiak anda, selain itu lobak juga kaya vitamin C dan kandungan lain yang dapat menghilangkan busuk ketiak dengan cepat.
  • Siapkan lobak secukupnya.
  • Potong menjadi adegan kecil-kecil.
  • Lalu memblendernya hingga halus.
  • Saring lobak halus tersebut untuk diambil air sari patinya saja.
  • Lalu oleskan pada ketiak anda secara merata.
  • Biarkan hingga mengering sendiri.
  • Lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Gunakan cara ini pada pagi hari sebelum mandi.
Itulah tadi beberapa cara tradisional alami yang dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi busuk ketiak yang sedang menyerang anda.

Setelah mengetahui aneka macam penyebab busuk ketiak dan cara mengatasi busuk ketiak secara tradisional alami, caramedika juga akan membagikan beberapa tips yang dapat membantu mengatasi busuk ketiak anda semoga tidak timbul lagi dikemudian hari.

Tips mengatasi busuk ketiak yang tidak sedap

  • Usahakan selalu mandi setiap hari minimal 2 kali sehari, pada pagi hari sebelum memulai aktifitas dan pada sore hari setelah melaksanakan aktifitas semoga tubuh anda selalu bersih dari keringat berlebih, debu, kotoran, dan basil sehingga busuk ketiak tidak dapat menyerang anda.
  • Usahakan untuk selalu mencukur bulu ketiak semoga abu dan kotoran tidak mudah hinggap pada ketiak anda dan mencegah basil mudah berkembang biak pada ketiak anda.
  • Atau kalau ingin perawatan ketiak dapat lebih maksimal, anda juga dapat mengoleskan deodoran pada pagi hari untuk mencegah basil berkembang biak pada kulit ketiak dan untuk mengharumkan ketiak anda.
  • Jangan menggosok kulit ketiak terlalu keras karena dapat mengikis lapisan kulit ketiak yang tipis dan membuat pori-pori kulit ketiak menjadi membesar. Hal ini malah dapat menyebabkan dilema keringat berlebih pada ketiak anda.
  • Jangan menggaruk kulit ketiak terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi sehingga kulit ketiak menjadi perih dan mudah berbau kalau bercampur dengan keringat.
  • Jika masalah-masalah pada kulit ketiak sulit anda atasi sangat dianjurkan sekali untuk berkonsultasi dengan dokter seorang mahir kulit terkait untuk penanganan lebih lanjut.
Baiklah itulah tadi artikel wacana cara menghilangkan busuk ketiak secara tradisional alami, kalau anda telah memahami aneka macam penyebab dan cara menghilangkan busuk ketiak beserta tips menghilangkan busuk ketiak menyerupai diatas tentunya busuk ketiak yang anda alami akan dapat anda hilangkan dengan mudah bahkan dengan hasil yang permanen.

Sumber http://www.caramedika.com
Tag : Kesehatan
Back To Top