Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

6 Penyebab Mengapa Tinggi Badan Susah Naik

Baca Juga

Banyak faktor penyebab yang membuat tinggi tubuh kita menjadi susah naik atau terhambat, salah satu faktor yang paling sering kita dengar dari orang renta zaman dahulu ialah karena faktor genetik atau keturunan. Banyak orang yang percaya bawah tinggi tubuh anak sangat dipengaruhi oleh keturunan orang tuanya, padahal selain faktor genetik ternyata ada beberapa faktor penyebab lainnya yang mungkin sangat jarang kita sadari yang ternyata juga menjadi penyebab utama terhambatnya pertumbuhan tinggi badan.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui mengenai apa saja penyebab yang mampu membuat pertumbuhan tinggi tubuh kita terhambat selain faktor genetik maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Mengapa Tinggi Badan Susah Naik



Penyebab Tinggi Badan Susah Naik


1. Tidak Mendapatkan Asupan Makanan Yang Bergizi
Makanan bergizi sangatlah penting bagi kita karena makanan bergizi ini tidak hanya mampu membuat tubuh kita menjadi sehat saja tetapi juga mampu mensugesti tinggi tubuh Anda. Nah, makanya jangan heran apabila belum dewasa yang kekurangan asupan makanan bergizi maka tubuhnya akan terlihat kurus dan pertumbuhan tinggi tubuh nya juga tidak optimal sehingga sangat jauh tertinggal dibandingkan belum dewasa yang selalu menerima asupan makanan bergizi setiap harinya.

Maka dari itu apabila Anda para orang renta ingin anak-anaknya mampu tumbuh dan berkembang secara optimal maka penuhilah asupan nutrisi harian mereka. Berilah mereka makanan yang kaya akan protein dan makanan yang mengandung vitamin D supaya pertumbuhan tulang mereka mampu optimal sehingga tinggi badannya pun dengan cepat naik.

2. Kurang Tidur
Semua pasti sepakat kalau tinggi tubuh setiap orang akan mulai berhenti semenjak mereka pintar balig cukup akal sehingga untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjalani rujukan hidup yang sehat semenjak masih kecil supaya tubuh sehat dan tinggi tubuh pun mampu optimal.  Nah, salah satu kebiasaan buruk yang mampu menghambat tinggi tubuh kita ialah begadang atau kurang tidur. Anak-anak yang kurang tidur tidak hanya membuat mereka menjadi mudah mengantuk saja tetapi pertumbuhan tinggi tubuh nya pun akan terganggu.

Maka dari itu, apabila Anda masih didalam masa pertumbuhan maka pastikan bahwa Anda selalu menerima waktu tidur yang cukup setiap hari setidaknya 8-10 jam sehari. Di dikala tubuh beristirahat atau tidur biasanya otot akan tumbuh sehingga hal ini akan sangat membantu didalam pertumbuhan tinggi tubuh anak Anda.

3. Merokok
Kemudian penyebab lainnya yang membuat tinggi tubuh Anda menjadi terganggu atau terhambat ialah akhir merokok. Semua orang sudah mengetahui bawah merokok ini ialah salah satu kebiasaan buruk yang mampu membahayakan kesehatan tubuh. Nah, ternyata selain membuat tubuh kita penyakitan ternyata merokok di masa pertumbuhan juga mampu mengganggu tumbuh kembang Anda sendiri dan membuat tinggi tubuh susah naik. Bahan-bahan kimia yang terdapat didalam rokok akan membuat hormon pertumbuhan didalam tubuh Anda tidak mampu bekerja secara optimal, selain itu kandungan nikotin pada rokok juga mampu menghambat perembesan kalsium didalam tubuh.

4. Jarang Olahraga
Olahraga tidak hanya sekedar membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga mampu membantu kita menjadi lebih tinggi. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin menerima tinggi tubuh yang ideal maka mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari saja tidak cukup tetapi kita juga harus mengimbanginya dengan berolahraga. Orang-orang yang jarang berolahraga biasanya tinggi tubuh mereka kurang optimal dan tubuhnya pun selalu lesu.

5. Terganggunya Produksi Hormon Pertumbuhan
Kemudian penyebab selanjutnya mengapa tinggi tubuh Anda susah naik atau terganggu ialah karena tidak optimalnya produksi hormon pertumbuhan. Terganggunya produksi hormon pertumbuhan mampu saja disebabkan karena gaya hidup Anda yang buruk ibarat merokok atau juga mampu disebabkan karena bawaan lahir. Apabila terganggunya hormon pertumbuhan ini dari bawaan lahir maka satu-satunya jalan untuk membuat produksi hormon pertumbuhan Anda optimal yaitu dengan menggunakan jalan medis.

6. Genetik
Penyebab mengapa tinggi tubuh tidak optimal yang terakhir yaitu karena faktor genetik. Nah, apabila sudah menyangkut faktor keturunan maka kita tidak mampu melaksanakan apa-apa karena ibarat yang kita ketahui hal ini sangat sulit untuk diatasi. Namun meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena yang paling penting ialah yaitu tubuh sehat.


Itulah faktor penyebab tinggi tubuh terhambat yang harus Anda ketahui. So, bagi Anda para orang renta yang ingin tumbuh kembang dan tinggi tubuh anaknya optimal maka harus mengetahui hal ini supaya Anda mampu memperlihatkan yang terbaik bagi buah hati sehingga tubuhnya sehat dan tinggi tubuh anak menjadi optimal.
Tag : Gaya hidup
Back To Top