Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Penyebab Keputihan Berlebihan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Baca Juga

Keputihan ialah salah satu duduk perkara kecil yang memiliki dampak besar bagi wanita sehingga untuk itu sebagai wanita kita tidak boleh menyepelekan dan mengabaikan duduk perkara keputihan ini. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa, keputihan ialah salah satu kondisi normal yang mampu saja dialami oleh setiap wanita di saat-saat tertentu. Dimana pada kondisi tersebut, organ reproduksi wanita akan mengeluarkan lendir yang encer, bening, tidak berbau dan juga tidak menyebabkan gatal.

Nah meskipun keputihan adalaha sesuatu yang normal dialami oleh setiap wanita tetapi kita tetap harus mewaspadai hal ini sebab terkadang keputihan yang dialami oleh setiap wanita berbeda, ada yang normal dan ada yang tidak normal

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan dan Penyebabnya



Ciri-Ciri Keputihan Normal

1. Bentuknya cair/encer
2. Warna bening atau sedikit putih
3. Jumlahnya sedikit
4. Hampir tidak berbau
5. pH asam, antara 3,8 – 4,5
6. Tidak menyebabkan rasa gatal atau nyeri.

Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

1. Bentuknya kental
2. Berwarna putih susu, kuning atau hijau
3. Dalam jumlah banyak
4. Berbau tidak sedap
5. Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya
6. Mengandung darah

Penyebab Keputihan Berlebihan


1. Siklus Menstruasi
Biasanya wanita yang mendekati siklus menstruasi jumlah keputihan yang keluar akan semakin banyak. Meskipun hal ini mampu dikatakan wajar tetapi Anda tetap harus memperhatikan nya apabila terdapat ciri-ciri menyerupai cairan atau lendir berwarna putih susu, kuning dan hijau serta berbau maka itu ialah tanda keputihan abnormal. Tetapi jikalau tidak Anda temui tanda diatas maka hal tersebut ialah keputihan yang normal dan jumlahnya yang keluar secara berlebihan sebab diakibatkan sebab mendekati siklus menstruasi sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

2. Adanya Bakteri
Kemudian penyebab mengapa Anda sering kali mengalami keputihan berlebihan ialah sebab adanya jerawat kuman pada organ reproduksi Anda. Biasanya Infeksi kuman ini  disebebkan tanggapan terlalu sering gonta-ganti pasangan sehingga menyebabkan Anda tertular penyakit. Apabila sudah begini maka segera konsultasikan ke dokter biar mampu segera diatasi dengan cepat dan tepat.

3. Adanya Kanker Rahim
Itulah mengapa kita tidak boleh mengabaikan duduk perkara keputihan, meskipun keputihan ini duduk perkara kecil tetapi dampaknya sangat besar bagi kesehatan wanita. Jangan pernah sepelekan keputihan ini sebab keputihan berlebihan ialah salah satu tanda atau gejala awal dari kanker rahim.

4. Stres
Stres juga mampu menjadi pemicu keputihan berlebihan pada wanita. Bahkan bukan hanya menyebabkan keputihan berlebihan saja tetapi stres juga mampu membahayakan kesehatan badan kita dan berpotensi memicu terjadinya depresi.

5. Kurang Menjaga Kebersihan
Kemudian penyebab keputihan berlebihan pada wanita yang terakhir yaitu sebab kurangnya menjaga kebersihan organ reproduksi. Banyak wanita yang sering kali melupakan kebersihan tempat yang satu ini, padahal apabila kita malas menjaga area langsung tersebut maka mampu berdampak negatif bagi dirinya sendiri. Salah satu duduk perkara yang akan menghampiri Anda yaitu keputihan abnormal.

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan


1. Menjaga Kebersihan
Jika Anda ingin terbebas dari duduk perkara keputihan ini maka langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menjaga kebersihan organ reproduksi. Perhatikan didalam pemilihan sabun pembersih tempat langsung Anda dan perhatikan juga pemilihan celana dalam. Usahakan biar Anda menggunakan celana dalam yang berbahan dasar katun biar mampu menyerap keringat. Oh iya, perhatikan juga didalam pemilihan pembalut. Cucilah organ reporduksi Anda dengan menggunakan air hangat dan jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih atau sabun antibakteri.

2. Daun Sirih
Kemudian cara mengatasi keputihan selanjutnya yaitu mampu dengan menggunakan bahan-bahan alami rumahan menyerupai daun sirih. Cara mengaplikasikan nya sangat mudah yaitu rendam daun sirih kedalam air hangat dan biarkan selama 30 menit dan apabila sudah agak hirau taacuh airnya maka gunakan untuk mencuci organ reproduksi Anda.

3. Rendaman Biji Ketumbar
Cara alami lainnya yang mampu Anda lakukan untuk mengatasi keputihan yang berlebihan ialah yaitu dengan cara mengkonsumsi air rendaman biji ketumbar. Rendam biji ketumbar dan biarkan semalaman, lalu silahkan Anda minum air rendaman tersebut pada pagi hari ketika gres bangkit tidur.

4. Kunyit
Kita juga mampu mengandalkan kunyit untuk mengatasi duduk perkara keputihan ini. Cara membuat ramuan tradisional untuk mengatasi keputihan dari kunyit sangatlah mudah. Ambil dua rimpang kunyit, daun beluntas 1 genggam, buah asam satu genggam dan gula aren secukupnya. Rebus semua materi diatas dengan menggunakan 3 gelas air dan biarkan sampai mendidih. Apabila air sudah tinggal satu gelas maka matikan api dan saring air rebusan tersebut. Minum satu kali sehari sampai duduk perkara keputihan yang Anda alami berkurang dan hilang.

5. Menghindari Stres
Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa salah satu penyebab keputihan abnormal ialah stress. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin terbebas dari duduk perkara keputihan ini maka cobalah untuk menjauhi hal-hal yang membuat Anda menjadi stres biar badan dan pikiran kita tetap rileks.

6. Periksa Ke Dokter
Apabila duduk perkara keputihan ini sudah membuat Anda sangat tidak nyaman maka jalan terakhir yaitu periksakan diri kedokter biar mampu menerima penanganan yang cepat dan tepat.


Itulah penyebab dan cara mengatasi keputihan secara alami yang mampu Anda coba aplikasikan dirumah. Semoga bermanfaat dan membantu kalian semua.
Back To Top