Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Cara Mencegah Keriput Sejak Dini di Usia Muda

Baca Juga

Cara Mencegah Keriput Sejak Dini di Usia Muda
Setiap orang tentunya pasti akan mengalami penuaan, adapun tanda-tanda penuaan tersebut ditandai dengan munculnya kerutan, garis-garis halus hingga keriput pada wajah. Anda tidak perlu terlalu khawatir berlebihan memikirkan hal ini karena setiap orang nantinya pasti akan mengalami penuaan, yang patut Anda takuti yaitu apabila penuaan tersebut datang disaat usia Anda masih muda.


Misalnya, di usia Anda yang berusia 17 tahun tiba-tiba saja muncul kerutan atau keriput diwajah. Hal ini mampu dikatakan sesuatu yang tidak wajar, itu artinya Anda mengalami penuaan dini. Penuaan dini ini salah satu momok yang paling ditakuti oleh kebanyakan wanita karena membuat wajah kita terlihat lebih bau tanah dibandingkan usia kita yang sebenarnya.

Tentu saja bermacam-macam hal yang mampu menyebabkan mengapa Anda mengalami penuaan dini, menyerupai munculnya keriput atau kerutan pada wajah. Bisa saja faktor penyebabnya ialah karena akhir gaya hidup Anda yang tidak sehat atau juga mampu disebabkan karena penggunaan kosmetik yang salah.

Nah, Anda pasti tidak mau bukan apabila kulit wajah menjadi keriput di usia muda ? maka dari itu silahkan simak beberapa tips dibawah ini bagaimana cara mencegah keriput diwajah semenjak dini di usia muda.

Cara Mencegah Kulit Keriput Pada Wanita Usia Muda


1. Hindari Alkohol
Apakah anda gemar mengkonsumsi minuman beralkohol ? jikalau iya maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang karena selain tidak baik bagi kesehatan, mengkonsumsi alkohol juga mampu membuat kulit anda menjadi cepat keriput. Alkohol mampu menyebabkan kulit anda menjadi dehidrasi sehingga lama kelamaan akan mengurangi elasitas pada kulit yang pada akibatnya akan membuat kulit menjadi keriput.

2. Perhatikan Posisi Tidur
Posisi tidur yang tidak benar ternyata juga mampu menjadi pemicu kulit anda menjadi keriput. Mungkin anda merasa heran kenapa hal ini mampu terjadi ? tahukah anda bahwa posisi tidur yang menyamping membuat wajah akan bergesekan dengan bantal, nah apabila hal ini berlangsung setiap malam mampu anda bayangkan bagaimana tersiksanya kulit anda. Untuk itu sebagai alternatif maka tidurlah dengan posisi terlentang untuk meminimalisir timbulnya keriput pada wajah.

3. Kebiasaan Menarik Kulit
Menarik atau mencubit kulit terlalu sering juga merupakan salah satu penyebab kulit keriput sehingga anda disarankan menghentikan kebiasaan buruk ini. Walaupun tampak sepele ternyata hal ini mampu mempercepat timbulnya kerutan pada wajah, Kulit yang terlalu sering ditarik akan membuat elasitasnya menurun.

4. Make Up
Make up merupakan suatu keharusan yang tidak mampu dihindari oleh kaum wanita karena hal ini mampu membuat mereka merasa percaya diri karena terlihat lebih cantik. Namun penggunaan make up yang salah tidak hanya membuat kulit anda menjadi kusam tetapi juga mampu membuat anda terlihat lebih tua, apalagi ketika hendak tidur tidak pernah membersihkan make up diwajah maka kulit anda akan cepat menua dan akibatnya timbul kerutan.

5. Memencet Jerawat
Terkadang beberapa orang sering kali memencet nanah mereka dengan alasan biasa cepat kempes. Padahal cara tersebut sangatlah tidak dianjurkan karena memencet nanah dapat membuat nanah tersebut meradang hingga akan menyebabkan munculnya kembali nanah baru.

Selain mampu menyebabkan nanah baru, memencet nanah ternyata juga tidak baik untuk kulit wajah Anda karena kebiasaan buruk yang satu ini juga mampu menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah anda. Apabila kebiasaan memencet nanah ini terus Anda lakukan maka jangan kaget jikalau nanti kulit wajah Anda akan lebih cepat keriput.

6. Merokok
Merokok biasanya tak hanya dilakukan oleh para lelaki tetapi ada juga sebagian wanita yang merokok, padahal mereka sudah tahu bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan badan dan merupakan penyebab terbesar kanker paru-paru. Nah, selain berbahaya bagi kesehatan ternyata merokok juga di yakini sebagai penyebab kulit keriput, bahkan untuk menandakan hal ini para ilmuwan hingga melaksanakan penelitian dan hasilnya memang benar seseorang yang tidak merokok akan terlihat segar bugar dan baka muda dan sedangkan seorang perokok sebaliknya.

7. Permen Karet
Mengunyah permen karet memang mengasyikan karena mampu membuat nafas menjadi segar. Namun kebiasaan mengunyah permen karet ini berdampak buruk bagi kulit wajah anda karena tanpa disadari mampu menyebabkan kerutan di area ekspresi episode bawah dan duduk perkara lain dalam struktur mulut.

8. Pola Makan
Untuk mencegah kulit keriput pada wanita usia muda maka hal yang harus anda perhatikan ialah makanan. Seperti kata pepatah “apa yang anda makan menentukan siapa anda”, hal tersebut memang benar adanya sehingga perhatikan contoh makan anda semoga asupan nutrisi dan vitamin yang masuk kedalam badan tetap seimbang.

9. Olahraga
Dan yang terakhir untuk mencegah kulit keriput semenjak dini ialah dengan berolahraga. Sempatkanlah setidaknya 30 menit dalam sehari untuk berolahraga semoga badan tetap sehat, bugar dan andapun selalu terlihat baka muda.

Nah itulah cara mencegah kulit keriput semenjak dini. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan wajah Anda menjadi cepat keriput. Dengan perawatan wajah yang dimulai semenjak dini maka mudah-mudahan hingga bau tanah nanti wajah Anda tetap mengagumkan dan menawan.
Back To Top