Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

5 Tips Menghindari Kerusakan Rambut Saat Berenang

Baca Juga

Cara Melindungi Rambut Saat BerenangBerenang yaitu salah satu acara yang sangat mengasyikan dan menyehatkan badan sehingga tak heran apabila banyak orang yang menyukai acara berenang, mulai dari bawah umur hingga orang remaja sering kali menjadi lupa waktu apabila sudah bermain-main dikolam renang. Nah, meskipun berenang ini sangat indah bagi kesehatan badan tetapi Anda juga tetap harus waspada dan hati-hati ketika mandi dikolam renang alasannya yaitu ibarat yang kita ketahui bahwa air bak renang biasanya mengandung kaporit, yang mana zat ini sangat tidak baik bagi rambut Anda. Apabila Anda tidak pandai-pandai didalam melaksanakan perawatan rambut ketika sedang ataupun selesai berenang maka bukan tidak mungkin kalau nantinya rambut Anda akan menjadi kasar, kering serta pecah-pecah.

Bahaya air bak renang bagi rambut memang tidak mampu dianggap sepele sehingga untuk itu apabila Anda ingin pergi berenang maka lakukanlah beberapa perawatan rambut berikut dibawah ini untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan akhir kaporit yang terkandung didalam air bak renang.


Cara Melindungi Rambut Saat Berenang


1. Basahi Rambut Dengan Air Bersih
Sebelum Anda menceburkan diri kekolam renang maka usahakan terlebih dahulu untuk membasahi rambut dan kulit Anda dengan menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan untuk mencegah semoga tidak terjadi kerusakan parah pada rambut Anda. Dengan membasahi rambut terlebih menggunakan air bersih maka zat klorin yang terdapat pada air bak renang akan sulit masuk kedalam rambut Anda sehingga rambut Anda akan terhindar dari kerusakan akhir zat klorin tersebut.

2. Gunakan Kondisioner Rambut
Setelah itu, gunakan kondisioner rambut untuk menjaga semoga rambut Anda tetap lembut dan tidak bergairah akhir zat klorin yang terdapat pada air bak renang. Cara menggunakan kondisioner ini juga harus Anda perhatikan dan tidak boleh sembarangan semoga kesannya maksimal. Tuangkan sedikit kondisioner yang sering Anda gunakan kedalam botol sprey dan kemudian tambahkan sedikit air, lalu kocok. Setelah itu semprotkan kondisioner yang ada didalam botol sprey tersebut keseluruh rambut Anda secara merata.

3. Hindari Mengikat Rambut
Kemudian, untuk menjaga semoga kondisi rambut Anda tidak rusak ketika berenang maka sebelum terjun kekolam renang usahakan semoga Anda tidak mengikat rambut. Biarkan saja rambut Anda terurai tanpa diikat alasannya yaitu apabila ketika berenang rambut kita ikat maka biasanya akan terjadi kerusakan pada rambut, helaian rambut terlihat ibarat pecah-pecah. So, apabila Anda ingin rambut tetap sehat ketika berenang maka hindari mengikat rambut.

4. Bilas Rambut Ketika Selesai Berenang
Apabila ketiga hal diatas tadi dilakukan ketika sebelum Anda terjun ke bak renang maka tips berikutnya ini yaitu wajib Anda lakukan kalau telah selesai berenang. Bagi Anda yang telah selesai berenang maka pastikan bahwa Anda membilas rambut dengan menggunakan air bersih dan shampo. Apabila Anda sudah hingga dirumah maka silahkan basuh ulang rambut Anda dengan menggunakan air hangat semoga zat-zat kimia ibarat klorin yang menempel dirambut Anda mampu hilang. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan serum rambut atau pelembab semoga rambut Anda tidak kering

5. Biarkan Rambut Mengering Secara Alami
Terakhir, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan haridryer untuk mengeringkan rambut alasannya yaitu ini mampu membuat rambut Anda menjadi lebih rusak. Biarkan saja rambut Anda kering secara alami dengan cara di angin-anginkan, meskipun keringnya agak lama tetapi ini yaitu salah satu cara terbaik semoga rambut Anda tetap sehat meskipun rajin berenang.


Itulah cara melindungi rambut ketika berenang semoga rambut Anda tetap sehat dan tidak rusak akhir terpapar kaporit yang terdapat pada air bak renang. Oh iya, apabila Anda tidak ingin susah-susah melaksanakan hal diatas maka solusi praktis yang mampu Anda lakukan yaitu dengan cara menggunakan penutup kepala untuk melindungi rambut Anda semoga tidak terkena air bak renang secara langsung. Namun bagi Anda yang tidak mempunyai penutup kepala untuk berenang maka wajib melaksanakan hal diatas semoga rambut Anda tidak rusak akhir zat kimia yang ada didalam bak renang.
Back To Top