Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Cara Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

Baca Juga

 Cara Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar
Setiap wanita yang hamil tentunya ingin melahirkan secara normal namun sayangnya terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan para ibu hamil tersebut tidak mampu melahirkan secara normal dan memilih melaksanakan operasi caesar. Operasi caesar ini yakni proses persalinan melalui pembedahan yaitu dimana sang dokter akan mengeluarkan bayi yang ada didalam perut sang ibu melalui sayatan di perutnya.

Operasi caesar ini tentunya berbeda dibandingkan dengan melahirkan secara normal alasannya yakni biasanya proses pemulihan pasca operasi caesar ini sedikit lebih lama dibandingkan dengan wanita yang melahirkan secara normal. Bahkan, apabila para ibu tidak pandai-pandai didalam merawat luka bekas operasi caesar tersebut maka bukan tidak mungkin malah nantinya luka tersebut menjadi sulit sembuh dan berkembang menjadi infeksi.

Namun meskipun demikian anda tidak perlu terlalu khawatir dan takut secara berlebihan alasannya yakni ada beberapa tips dibawah ini yang mampu Anda ikuti biar luka bekas operasi caesar mampu cepat pulih dan Andapun mampu beraktivitas menyerupai biasa kembali.


Cara Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar


1. Hindari Mengangkat Beban Berat
Pasca operasi caesar Anda harus menghindari untuk mengangkat beban-beban yang berat alasannya yakni biasanya wanita yang melaksanakan operasi caesar kondisi tubuhnya masih sangat lemah dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mampu beraktivitas menyerupai semula. Nah, apabila Anda ngeyel dan masih sering mengangkat-angkat beban yang berat pasca operasi caesar maka hal saya jamin proses pemulihan Anda semakin lama dan bahkan terkadang malah menjadikan rasa nyeri pada luka bekas operasi caesar Anda.

2. Minum Banyak Air Putih
Kemudian untuk mempercepat proses penyembuhan atau pemulihan pasca operasi caesar yakni dengan cara memperbanyak minum air putih. Air putih ini tidak hanya membantu Anda terhindar dari dehidrasi saja tetapi juga mampu mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, air putih ini mampu mengganti cairan Anda yang hilang tanggapan menyusui.

3. Jangan Lupa Konsumsi Obat
Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan petunjuk dokter biar luka bekas operasi caesar di perut Anda mampu cepat kering dan kondisi badan Anda mampu segara pulih menyerupai semula. Selain itu, dengan mengkonsumsi obat maka juga mampu membantu menghilangkan rasa nyeri tanggapan operasi caesar.

4. Bersihkan Luka Secara Rutin
Rutin merawat luka bekas operasi caesar biar luka tersebut cepat mengering dan menghindari Anda biar tidak terjadi infeksi. Bersihkan luka bekas operasi caesar Anda dengan menggunakan cairan saline (NaCL) dan kemudian ganti perban setiap hari, apabila dibutuhkan maka juga mampu mengolesinya dengan salep antibiotik. Namun pastikan jikalau Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai salep antibiotik yang baik untuk Anda.

5. Perbanyak Istirahat
Pasca operasi caesar kondisi badan Anda masih sangat lemah sehingga untuk itu Anda sangat dianjurkan untuk beristirahat dan usahakan jangan terlalu banyak beraktivitas terlebih dahulu. Istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar.

6. Jangan Berhubungan Terlebih Dahulu
Untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar maka sebaiknya Anda tidak berafiliasi terlebih dahulu dengan suami. Sebaiknya tunggulah sampai 4-6 ahad pasca melahirkan.

7. Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan sehat pasca operasi caesar juga menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung serta mempercepat proses pemulihan kondisi badan Anda dan membuat bekas luka operasi caesar mengering dengan cepat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi maka badan Anda akan selalu fit dan tidak lemas. Selain itu, ASI pun menjadi lancar sehingga asupan ASI bayi Anda terpenuhi.

8. Hindari Mengejan Saat BAB
Mengejan ketika BAB sangat tidak baik untuk ibu yang gres saja melaksanakan operasi caesar alasannya yakni hal ini mampu mensugesti dan memperlambat proses penyembuhan Anda. Nah, maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih serta buah dan sayur biar BAB Anda tidak keras sehingga buang air besar menjadi lancar.

9. Periksa Kedokter Secara Rutin
Kemudian tips yang terakhir biar Anda mampu segera cepat pulih pasca operasi caesar yakni yaitu dengan cara rutin untuk memeriksakan diri kedokter secara berkala. Dengan berkonsultasi kepada dokter andal maka Anda mampu mengetahui apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga kondisi Anda akan mampu segera cepat pulih dengan segera.


Itulah cara biar Anda mampu cepat pulih pasca operasi caesar. Proses penyembuhan operasi caesar memang agak sedikit lama, bahkan terkadang memakan waktu 4-6 ahad sehingga untuk itu Anda harus berhati-hati ketika didalam masa proses penyembuhan pasca operasi caesar ini. Karena apabila tidak hati-hati maka terkadang mampu saja luka bekas operasi caesar tersbebut menjadikan rasa nyeri yang hebat, bengkak, kemerahan sampai adanya cairan yang keluar dari luka bekas operasi tersebut.
Back To Top