Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Cara Mengatasi Mulut Kering dan Bau

Baca Juga

Cara mengatasi lisan kering sebetulnya tidaklah terlalu sulit sehingga untuk itu Anda tidak perlu repot-repot apalagi merasa panik dan eksklusif mengunjungi dokter saat mengalami kondisi ini. Mulut kering bukanlah sesuatu yang berbahaya alasannya ialah setiap orang mampu saja mengalami hal ini pada sesekali waktu sehingga apabila Anda mengalami lisan kering hanya sesekali saja maka hal tersebut mampu dikatakan ialah sesuatu yang wajar. Namun lain halnya apabila kondisi lisan kering ini terus menerus Anda alami atau berkelanjutan maka ini gres mampu dikatakan sudah tidak wajar dan mengkhwatirkan.

Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa lisan sering kali terasa kering, namun biasanya penyebab paling umum ialah alasannya ialah tanggapan kurangnya cairan (dehidrasi) didalam badan sehingga produksi air liur (sativa) berkurang. Ketika produksi air liur berkurang maka bukan hanya membuat lisan menjadi kering saja tetapi juga mampu menyebabkan banyak sekali dilema lainnya yaitu menyerupai wangi mulut, membuat tenggorokan menjadi kering dan menyebabkan kuman menjadi mudah berkembang didalam lisan Anda. Selain kekurangan cairan, penyebab lisan kering lainnya ialah alasannya ialah adanya gangguan psikologis menyerupai perasaan gugup dan cemas.

Cara Mengatasi Mulut Kering dan Bau


Mulut kering tentunya sangat tidak enak dan membuat kita menjadi tidak nyaman sehingga untuk itu Anda tidak boleh membiarkan kondisi ini berlarut-larut. Berikut dibawah ini ada beberapa cara mengatasi lisan kering tanpa harus kedokter.


Cara Mengatasi Mulut Kering dan Bau


1. Konsumsi Banyak Air Putih
Air putih sangat penting untuk badan kita sehingga untuk itu kita tidak boleh kekurangan minum air putih alasannya ialah dampaknya sangat fatal bagi kesehatan kita. Apabila kita kurang minum air putih maka badan akan mengalami dehidrasi. Nah, saat badan dehidrasi maka produksi air liur didalam lisan juga akan ikut terganggu sehingga hal ini menyebabkan lisan anda menjadi kering.

Untuk itu, jikalau Anda ingin terhindar dari dilema lisan kering ini maka perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Setidaknya konsumsilah air putih 1,5 liter dalam sehari semoga badan tetap sehat dan tidak kekurangan cairan sehingga lisan anda tidak akan kering lagi.

2. Rutin Sikat Gigi 3 Kali Sehari
Kemudian cara mengatasi dilema lisan kering yang selanjutnya ialah yaitu dengan rutin menyikat gigi 3 kali sehari. Menyikat gigi secara rutin akan membuat kesehatan gigi dan gusi Anda tetap terjaga dan membuat wangi lisan Anda menjadi segar. Gigi dan gusi yang sehat akan sangat membantu didalam proses produksi air liur didalam lisan Anda sehingga lisan Anda tidak menjadi kering dan tetap lembab.

3. Mengkonsumsi Permen Karet
Ketika lisan anda mulai terasa kering maka solusi jitu yang mampu Anda lakukan ialah yaitu dengan cara mengkonsumsi permen karet, tetapi usahakan Anda memilih permen karet bebas gula. Mengunyah permen karet mampu memancing kalenjer ludah semoga mampu memproduksi air liur didalam lisan kita. Meskipun permen karet ini sangat membantu tetapi Anda jangan berlebihan mengkonsumsi permen karet alasannya ialah sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan bagus.

4. Konsumsi Makanan Berserat
Makanan berserat juga mampu menjadi andalan untuk mengatasi dilema lisan kering ini. Mengkonsumsi makanan berserat menyerupai wortel dan seledri mampu meningkatkan sekresi air liur dan menjaga kesehatan gigi serta menghindari dari karies gigi.

5. Hindari Rokok
Apabila lisan Anda terasa kering maka segeralah untuk menghentikan kebiasaan buruk menyerupai merokok. Mengkonsumsi alkohol serta rokok akan semakin memperburuk kondisi Anda dan membuat lisan menjadi semakin kering. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan pedas dan asin semoga tidak terjadi iritasi pada pengecap dan rongga mulut.

6. Bernapas Melalui Hidung Bukan Mulut
Kemudian untuk mencegah semoga kondisi lisan kering yang Anda alami tidak bertambah parah maka cobalah untuk tidak bernapas melalui lisan tetapi bernapaslah melalui hidung.

7. Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Beberapa obat tertentu terkadang mampu membuat lisan Anda terasa kering sehingga untuk itu maka Anda harus berhati-hati dan selalu berkonsultasi kepada dokter saat ingin mengkonsumsi obat. Biasanya obat-obatan yang membuat lisan menjadi kering ialah obat yang dipakai untuk mengobati depresi, kecemasan, nyeri, alergi dan pilek (antihistamin dan dekongestan), obesitas, jerawat, epilepsi, hipertensi (diuretik), diare, mual, gangguan psikotik, inkontinensia (kandung kemih), asma (bronkodilator tertentu) dan penyakit Parkinson


Itulah cara mengatasi lisan kering dan bau. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa lisan kering ialah salah satu penyebab wangi lisan sehingga tidak boleh dibiarkan dan harus diatasi dengan cepat.
Back To Top