Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

8 Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak Anda

Baca Juga

8 Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak Anda
- Otak merupakan salah satu organ paling penting di tubuh manusia. Otak merupakan sentra dari segala macam kegiatan yang ada ditubuh anda , sehingga otak ini dianggap sangat penting.

Menurut data yang kami lansir dari WikipediaOtak manusia adalah struktur sentra pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar , gerakan , perilaku dan fungsi tubuh homeostasis ibarat detak jantung , tekanan darah , keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak insan bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh alasannya yaitu itu terdapat kaitan dekat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi ibarat pengenalan , emosi. ingatan , pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Seringkali tugas otak sebagai sebuah organ dalam tubuh terabaikan alasannya yaitu banyak hal yang kita tidak ketahui perihal otak. Jika Anda menginginkan otak yang bisa menunjukkan banyak sekali pemikiran tak terbatas , inilah 8 cara efektif untuk meningkatkan kemampuan otak ibarat yang dirilis dari lifehack.com.

Pantau keseimbangan gula darah Anda

Bila gula darah terlalu tinggi , maka akan membahayakan bab putih dalam otak. Bagian putih merupakan daerah neuron berinteraksi mengirimkan pesan satu sama lainnya. Makara jikalau gula darah normal dan seimbang , maka bab ini dapat bereaksi lebih cepat.

Makan asam lemak yang cukup

Asupan asam lemak yang cukup sangat diharapkan untuk otak yang sehat. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu ikan cod , salmon , sarden atau tuna. Kekurangan asam lemak dalam otak dapat menimbulkan demensia , depresi sampai schizophrenia.

Kurangi kadar stres

Ketika Anda stres , maka hormon kortisol akan dilepaskan oleh tubuh. Bila terlalu banyak , hormon ini dapat membahayakan bagianhippocampus yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori dan menimbulkan alzheimer.

Lakukan simulasi otak

Simulasi otak dapat Anda lakukan dengan cara melaksanakan permainan otak. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan berpikir , mengingat , serta berbicara dengan orang lain.

Kurangi infeksi pada tubuh

Ketika tubuh terinfeksi akhir luka atau pembengkakan alasannya yaitu masuknya virus dan basil , maka sistem imun akan diaktifkan oleh Gut Associated Lymphoid Tissues (GALT). Terlalu lama menggunakan GALT akan menimbulkan neuron melemah dan mengurangi kemampuan berpikir. Untuk mengatasi ini , memakan sayur , buah-buahan dan kacang merupakan cara terbaik.

Meminum teh hijau

Meminum teh hijau akan meningkatkan kemampuan otak Anda alasannya yaitu mengandungcatechins yang bisa meningkatkan fokus dan perhatian selama bekerja.

Latihan fisik

Anda memang sering mendengar ini , tetapi salah satu kunci penting meningkatkan kemampuan otak yaitu dengan cara melatih fisik Anda. Dengan latihan selama 20 menit setiap harinya dapat meningkatkan kecepatan proses info dan fungsi memori Anda.

Tidur yang nyenyak dan pulas

Banyak orang menganggap dikala tidur , maka otak juga ikut tidur. Kenyataannya yaitu dikala Anda tidur , otak akan membersihkan dirinya dari racun yang ada. Bila kekurangan tidur , maka tidak semua racun akan keluar dan menimbulkan otak terganggu.

Ref : Liputan6 dan Wikipedia
Back To Top