Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Resep Lapis Legit Sederhana

Baca Juga

Resep Lapis Legit Sederhana
- Lapis legit , salah satu kudapan manis tradisional Indonesia ini dikenal dengan harganya yang mahal. Meskipun mahal , namun masih banyak yang meminati kudapan manis yang termasuk ke dalam 17 kudapan manis terenak di dunia versi CNN.

Kue berlapis coklat ini biasanya disajikan dikala hari-hari besar menyerupai lebaran , natal dan imlek. Karena harganya yang terbilang mahal untuk ukuran kudapan manis tradisonal , banyak orang yang berinisiatif untuk membuat kudapan manis yang juga dikenal sebagai kudapan manis seribu lapis.

Bahan-bahan yang diharapkan cukup mudah , banyak ditemukan di pasar tradisional ataupun supermarket. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit , hanya butuh keterampilan lebih untuk membuat lapisan yang sempurna. Jika kau ingin membuatnya sendiri di rumah , berikut resep sederhana kudapan manis lapis legit yang mampu kau ikuti menyerupai yang dilansir dari Asia Society:

Bahan yang dibutuhkan:

· 10 kuning telur
· 375 gr gula pasir
· 250 gr mentega wisman
· 2 sdt essens vanilla
· 8 putih telur
· 185 gr tepung terigu
· 1 sdt bubuk kayu manis
· 1 sdt bubuk pala
· 1 sdt kapulaga bubuk
· 1/2 sdt bubuk cengkeh
· 50 gr mentega leleh untuk olesan

Cara membuat:


1. Kocok kuning telur dengan 1/2 cup gula hingga kental. Kemudian kocok mentega dengan 3/4 cup gula dan essens vanilla hingga lembut. Di mangkuk yang berbeda , kocok putih telur hingga kaku dan tambahkan sisa gula ke dalam adonan putih telur dan kocok kembali hingga kental dan mengkilat.

2. Aduk adonan kuning telur dan mentega hingga tercampur rata. Tambahkan tepung , aduk kembali. Kemudian tambahkan adonan putih telur dan aduk dengan spatula hingga merata. Bagi adonan menjadi dua bab dengan ukuran tidak sama rata. Campurkan bumbu rempah-rempah ke adonan yang jumlahnya lebih banyak.

3. Panaskan oven pada suhu 160 derajat celcius. Oleskan mentega pada seluruh sisi loyang berukuran diameter 20 cm. Letakkan kertas roti pada permukaan loyang dan oleskan kembali dengan mentega cair. Taburi sedikit tepung terigu dan sisihkan sisa tepung terigu.

Baca juga : Makanan Sehat yang Tepat untuk Sukseskan Program Diet Anda!

4. Gunakan takaran yang pas biar adonan yang dituang ke loyang sama tipisnya. Tuang adonan yang dicampur dengan rempah ke dalam loyang setipis mungkin dan ratakan dengan spatula.

Panggang selama 10 menit hingga adonan setengah matang. Gunakan api atas dan bawah biar adonan matang merata. Setelah adonan pertama matang , lalu oleskan mentega cair dan tuang kembali adonan berikutnya yang tidak dicampur rempah dan panggang kembali. Ulang cara ini hingga adonan habis.

5. Ketika semua adonan telah habis dipanggang , untuk mengecek apakah kudapan manis sudah matang atau belum gunakan tusuk sate dan tusuk ke bab tengah kue. Jika masih menempel adonan tandanya kudapan manis belum matang. Setelah matang , dinginkan sebentar dan keluarkan dari loyang. Kue lapis legit siap dinikmati!

Untuk membuat resep kudapan manis lapis legit , harus menggunakan oven kompor alasannya hasil yang tepat didapat dari pemanggangan oven kompor yang menggunakan api atas dan bawah. Selamat mencoba!
Back To Top