Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Manfaat dan Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan

Baca Juga

Tidur dilantai memang sangat menyejukan apalagi ketika cuaca sedang panas begini, maka tidur dilantai merupakan salah satu solusi praktis yang mampu kita lakukan untuk mengurangi rasa gerah di badan kita. Hawa hambar dan sejuk dari lantai mampu membuat kita lebih nyaman dan risikonya tertidur dengan nyenyak tanpa merasa kepanasan sedikitpun.

Nah, meskipun tidur dilantai ini mampu membantu kita untuk mengurangi rasa gerah di badan tetapi ternyata apabila Anda keseringan tidur dilantai tanpa kasur maka juga mampu berdampak negatif bagi kesehatan badan kita. Bahaya tidur dilantai tanpa menggunakan kasur tidak mampu dianggap sepele sehingga maka dari itu sebaiknya Anda tidak terlalu sering melaksanakan kebiasaan ini.

Manfaat dan Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan




Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan


1. Gigitan Serangga
Bahaya pertama yang akan mengancam Anda apabila terlalu sering tidur dilantai tanpa menggunakan kasur yakni yaitu rentan terkena gigitan serangga. Kita tidak mampu menjamin seratus persen bahwa lantai dirumah kita bersih dan bebas serangga, mampu saja dilantai rumah Anda bukan hanya terdapat serangga semacam kecoa dan semut saja tetapi bagaimana jikalau tanpa disadari juga terdapat kalajengking dan kelabang maka hal ini sangat berbahaya bukan.

Nah, apabila Anda terlalu sering tidur dilantai tanpa menggunakan bantalan ibarat kasur maka resiko Anda terkena gigitan serangga sangatlah besar.

2. Masuk Angin
Selain beresiko terkena gigitan serangga, tidur dilantai juga mampu menimbulkan Anda menjadi masuk angin. Bahaya tidur dilantai yang satu ini memang terlihat sepele tetapi cukup membuat Anda tersiksa. Masuk angin akan membuat badan Anda menjadi meriang, demam, sakit kepala bahkan mual dan muntah. Biasanya efek dari masuk angin ini tidak akan terasa ketika Anda gres bangkit tidur tetapi gres akan terasa setelah beberapa jam ketika Anda bangkit tidur.

3. Penyakit Paru-Paru
Kemudian ancaman tidur dilantai selanjutnya yakni yaitu mampu menimbulkan Anda beresiko terkena penyakit paru-paru basah. Penyakit paru-paru berair ini terjadi akhir lantai daerah Anda tidur tidak bersih sehingga masih banyak terdapat kotoran dan kuman. Nah, kotoran dan kuman yang ada dilantai rumah Anda tersebut mampu dengan cepat berpindah dan masuk ke paru-paru Anda sehingga paru-paru kita mengalami peradangan. Biasanya gejala yang timbul akhir dari peradangan paru-paru ini yakni batuk-batuk, pusing, tidak nafsu makan, badan menjadi kurus dan terlihat lemah.

4. Menyebabkan Sakit Punggung
Tekstur lantai yang keras juga mampu menimbulkan sakit pada punggung kita. Hal ini disebabkan karena otot badan dan tulang tidak mampu kalem ketika tidur dilantai, tekstur lantai yang keras akan membuat tulang dan otot kita berada pada posisi yang terpaksa. Nah, apabila hal ini terus berlanjut maka lama-kelamaan akan menimbulkan kelainan pada bentuk badan Anda.

5. Sinusitis
Kemudian ancaman tidur dilantai yang terakhir yakni yaitu mampu menimbulkan seseorang terkena penyakit sinusitis. Sinusitis yakni suatu kondisi dimana adanya suatu peradangan pada dinding sinus yang disebabkan oleh jerawat virus ataupun bakteri. Gejala yang timbul akhir penyakit sinusitis biasanya ibarat gejala influenza yaitu sakit kepala, hidung tersumbat, cairan dari hidung berlebihan dan bersin-bersin berkepanjangan.

Manfaat Tidur di Lantai Bagi Kesehatan

Selain mempunyai bahaya, tidur di lantai ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Manfaat tidur dilantai ini cukup banyak yaitu diantaranya yakni mampu membantu melancarkan peredaran darah dan membantu meredakan sakit atau nyeri pada leher. Tidak hanya itu saja, bahkan tidur dilantai ini juga mempunyai manfaat dari segi pikiran dan relaksasi.


Itulah manfaat dan ancaman tidur dilantai bagi kesehatan yang mungkin jarang  Anda ketahui. Meskipun tidur dilantai ini memiliki manfaat tetapi sebaiknya jangan dilakukan setiap hari dan cukup sesekali saja semoga tidak membahayakan kesehatan Anda.
Back To Top