Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

5 Bahaya Menelan Air Kolam Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga

Berenang di kolam renang umum memang sangat mengasyikan karena biasanya di kolam renang umum terdapat aneka macam macam kemudahan yang cukup lengkap sehingga membuat kita menjadi betah untuk berlama-lama untuk mandi disana. Air kolam renang yang jernih dan hirau taacuh juga menjadi salah satu daya tarik mengapa seseorang senang untuk berenang berlama-lama.

Nah, meskipun berenang ini sangat mengasyikan dan menyehatkan tetapi Anda tetap harus berhati-hati dikala sedang berada dikolam renang dan jangan hingga menelan air dikolam renang. Air kolam renang biasanya mengandung kaporit dan aneka macam macam bakteri, menyerupai E. Coli, Giardia, dan Paracites Cryptosporidium yang mana zat dan basil tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

 Bahaya Menelan Air Kolam Renang Bagi Kesehatan Tubuh



Apa saja ancaman kesehatan akhir tak sengaja minum air kolam renang ini ? simak selengkapnya dibawah ini.

Bahaya Minum Air Kolam Renang


1. Diare
Bahaya kesehatan yang pertama akhir tidak sengaja menelan air kolam renang yakni diare. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa air kolam renang banyak mengandung basil Eschericia Coli atau E. Coli, yang mana apabila masuk kedalam tubuh maka bisa menyebabkan dilema pada usus kita dan membuat kita terserang diare. Apa  itu diare ? diare yakni suatu penyakit yang bisa menyebabkan tinja menjadi lembek atau cair. Orang yang menderita diare biasanya mereka akan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Meskipun terlihat sepele, diare termasuk penyakit yang berbahaya dan merupakan penyebab maut paling umum pada balita.

2. Penyakit Cacing
Kemudian dampak negatif yang kedua akhir tidak sengaja menelan air kolam renang yakni yaitu bisa menyebabkan Anda terkena penyakit cacing atau yang biasa kita sebut dengan cacingan. Cacing yang terdapat dikolam renang bisa tidak hanya berpindah melalui air yang tertelah saja tetapi juga bisa menular dan masuk melalui kulit kita sehingga maka dari itu kita harus selalu berhati-hati dikala sedang berenang biar air kolam renang tidak tertelan. Tidak hanya itu, usahakan biar Anda juga selalu mandi dan membilas tubuh dengan air bersih setelah mandi di kolam renang biar kulit kita terbebas dari aneka macam macam kuman dan cacing.

3. Disentri
Air kolam renang yang tertelan tidak hanya menyebabkan Anda terkena diare saja tetapi juga bisa menyebabkan kita terkena penyakit disentri. Penyakit disentri ini disebabkan karena abuh basil Shigella yang terdapat pada air kolam renang, biasanya orang yang terkena penyakit ini akan mengalami gejala menyerupai demam, mual, muntah, diare, kram, dan sakit kepala.

4. Penyakit Kuning
Menelan air kolam renang juga sangat beresiko dan membuat Anda terkena penyakit kuning. Air kolam renang sangat banyak mengandung basil salah satunya yakni basil leptospira. Bakteri yang satu ini tidak bisa dianggap sepele karena apabila Ia masuk kedalam tubuh maka basil ini bisa menyerang organ hati kita dan membuat fungsi hati menurun. Penurunan fungsi hati ini bisa menyebabkan kadar bilibirun pada hati meningkat sehingga terjadi penumpukan bilibirun atau zat kuning yang mana hal ini bisa berdampak negatif bagi tubuh Anda dan menyebabkan tubuh menjadi kuning terutama pada episode putih mata juga ikut menjadi kuning.

Selain membuat tubuh menjadi kuning, penyakit kuning juga sering kali ditandai dengan demam, menggigil, kulit menjadi berwarna kuning, pendarahan, dan ruam pada kulit. Penyakit ini bisa sangat berbahaya apabila tidak diatasi dengan cepat dan sempurna karena bisa menimbulkan komplikasi merusak ginjal.

5. Diare Akut
Kemudian dampak negatif akhir menelan air kolam renang yang bisa dikatakan cukup berbahaya yakni yaitu bisa menyebabkan diare akut. Diare akut ini biasanya ditandai dengan beberapa gejalan menyerupai kram perut, kembung, sering buang air, muntah, pucat, dan sakit badan. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan penderita mengalami krisis gizi dikarenakan tubuh yang tidak bisa menyerap kebutuhan nutrisi makanan.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Setelah Berenang

Itulah ancaman menelan air kolam renang bagi kesehatan tubuh kita. Nah, maka dari itu bagi Anda yang gemar berenang maka sebaiknya harus selalu berhati-hati dikala sedang berenang dan jangan hingga menelan air di kolam renang karena ini dampaknya sangat buruk bagi Anda. Bagi Anda para orang renta yang mengajak anak nya untuk berenang, sebaiknya selalu memperhatikan anak Anda dan menunjukkan peringatan kepada si anak biar tidak meminum air kolam renang.
Tag : Kesehatan
Back To Top