Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

7 Tanda yang Menunjukkan Tidur Anda Kurang Berkualitas

Baca Juga

Sebenarnya efek dari tidur kurang berkualitas di pagi hari ibarat dengan kurang tidur dimalam hari. Hal ini membuktikan bahwa Anda akan merasa lelah , kurang konsentrasi , dan sulit bangkit dari daerah tidur.

Segala sesuatu yang serba kekurangan ataupun kelebihan pasti akan mengakibatkan sesuatu hal , demikian pula dengan tidur yang kurang. Tidur kurang berkualitas tentu saja dapat mengakibatkan beberapa gangguan pada badan maupun acara anda sehari-hari.

"Memang kita tak akan mampu eksklusif bangkit dan merasa segar ketika alarm berbunyi , tapi jikalau satu jam setelah bangkit badan masih terasa lelah dan mengantuk , kemungkinan Anda kurang mengalami tidur dalam ," kata Shelby Harris administrator Pengobatan Perilaku Tidur di Motefiore Health System , AS.

7 Tanda yang Menunjukkan Tidur Anda Kurang Berkualitas
Ilustrasi tidur kurang berkualitas © Shutterstock

Mari kita telusuri apa saja tanda-tanda Anda kurang mendapat tidur yang kurang berkualitas meski durasi tidur sudah cukup. Dan inilah 7 Tanda yang memperlihatkan tidur Anda kurang berkualitas yang kami lansir dari Kompas.com.

1. Terus mengantuk

Normal jikalau Anda merasa mengantuk setelah makan siang. Tetapi , kualitas tidur yang buruk mampu jadi penyebab mengapa Anda juga mengantuk di pagi hari atau sore , serta terus-menerus menguap.

"Banyak orang menduga mereka tertidur semalaman , tetapi orang dengan gangguan tidur sleep apnea , sepanjang waktu tidur mereka terganggu sehingga badan kekurangan oksigen sehingga esok harinya mengantuk ," kata Harris.

2. Daya ingat menurun

Tidur sangat penting untuk performa otak , terutama di episode prefrontal cortex , area yang penting untuk perhatian dan memori jangka pendek. Tidur kurang nyenyak mampu menurunkan fungsi otak.

3. Gampang marah

Ya , jikalau Anda mengalami tidur yang kurang dalam , Anda akan gampang emosi. Penelitian memperlihatkan , orang yang kurang tidur memiliki mood lebih buruk. Selain itu , tidur dan depresi juga berkaitan erat.

4. Mudah lapar

Sulit menahan rasa lapar dan terus ngemil makanan tinggi kalori? Mungkin pemicunya karena kualitas tidur Anda buruk. "Kita akan mencari makanan tinggi gula , tinggi lemak untuk sumber energi yang cepat ," kata Harris. Tidur yang tidak nyenyak bukan cuma membuat kita kelelahan , tapi juga tidak mampu membuat keputusan dengan baik.

5. Malas melaksanakan acara fisik

Bila kualitas tidur Anda buruk selama beberapa malam , mood akan awut-awutan dan juga kurang berenergi keesokan harinya. Ini sebabnya mengapa Anda jadi malas melaksanakan acara fisik ibarat olahraga.

6. Libido rendah

Kurang tidur dan juga tidur kurang nyenyak diketahui akan menurunkan gairah s*ksual. Selain itu , kurang tidur juga memengaruhi level hormon yang sangat penting untuk kepuasan dan fungsi s*ksual.

7. Timbangan bertambah

Mungkin porsi makan Anda tak bertambah , tapi tetap saja timbangan bertambah. Sebuah penelitian memperlihatkan , orang yang tidurnya kurang dalam memiliki lingkar pinggang lebih lebar. Kemungkinan hal ini terjadi karena pengaruh hormon pertumbuhan dan kortisol yang berperan penting dalam lemak visceral.
Back To Top