Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

Berkeringat Waktu Tidur Mungkin Ini Penyebabnya..

Baca Juga

Berkeringat Waktu Tidur , Mungkin Ini Penyebabnya..
- Apakah Anda pernah terbangun di pagi hari dan merasa gundah mengapa Anda berair kuyup oleh keringat?

Berkeringat di malam hari atau ketika tidur dapat disebabkan oleh aneka macam hal. Bila hal ini sering terjadi , maka Anda mungkin mengalami suatu gangguan kesehatan.

Anak dan wanita yang sedang memasuki masa menopause juga dapat mengalami hal ini. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat membuat Anda berkeringat di malam hari.

Suhu Tubuh dan Ruangan

Penyebab tersering dari keringat di malam hari yaitu karena suhu tubuh Anda meningkat jawaban suhu ruangan kamar tidur Anda yang terlalu panas. Selain itu , merupakan suatu hal yang normal kalau suhu tubuh Anda berubah-ubah ketika Anda tidur. Hal ini dikarenakan pada fase tidur tertentu , sistem saraf autonom yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh , denyut jantung , tekanan darah , dan aneka macam hal lainnya akan terstimulasi sehingga suhu tubuh Anda pun meningkat. Kendati demikian , sebagian besar orang akan mengalami penurunan suhu tubuh ketika subuh.

Gangguan Tidur Tertentu

Berbagai jenis gangguan tidur ternyata tidak hanya membuat tidur Anda tidak nyenyak di malam hari , tetapi juga dapat membuat Anda berkeringat di malam hari. Salah satu gangguan tidur yang paling sering mengakibatkan hal ini yaitu gangguan tidur apnea.

Pada gangguan tidur apnea , penderita biasanya mengalami kesulitan bernapas , yang berarti penderita membutuhkan tenaga dan perjuangan ekstra untuk bernapas. Hal ini tentu saja akan membuat sang penderita berkeringat sama menyerupai ketika ia sedang berlari dan kesulitan bernapas.

Pada belum dewasa , terutama balita , gangguan tidur yang membuatnya kesulitan bernapas biasanya akan membuat anak berkeringat ketika tidur dan tampak gelisah ketika tidur. Sang anak mungkin terbangun dengan wajah kemerahan dan berair kuyup oleh keringat. Segera hubungi dokter Anda kalau anak Anda mengalami hal ini , apalagi kalau ia juga mendengkur.

Pada wanita , berkeringat di malam hari biasanya terjadi pada mereka yang telah memasuki masa menopause. Selain itu , resiko terjadinya gangguan tidur apnea juga akan meningkat sampai 10 kali lipat pada masa awal menopause karena penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron.

Sementara itu , sejumlah orang juga berkeringat di ketika tidurnya setelah mereka mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan alkohol merupakan pelemas otot , yang akan mensugesti susukan pernapasan atas dan memperburuk gangguan tidur apnea serta kebiasaan mendengkur orang tersebut.

Hal lainnya yang juga dapat membuat seseorang bangkit dalam keadaan berair kuyup oleh keringat yaitu karena ia mengalami mimpi buruk atau karena ia mengalami serangan cemas , yang akan memicu terjadinya serangan panik dan keringat berlebih ketika tidur.

Jika Anda terus mengalami mimpi buruk , terutama setelah mengalami suatu kejadian traumatis , maka pengobatan menyerupai konseling dapat sangat membantu. Selain itu , belum dewasa juga dapat berkeringat ketika tidur kalau mereka mengalami suatu gangguan tidur yang disebut dengan teror malam.

Gangguan Kesehatan Lain

Sesekali terbangun dalam keadaan berair kuyup karena berkeringat mungkin bukanlah suatu hal yang mengkhawatirkan , akan tetapi kalau keadaan ini terus berlangsung , maka hal ini mungkin disebabkan oleh suatu gangguan kesehatan tertentu , yang membutuhkan perlindungan medis segera , apalagi kalau Anda juga mengalami demam atau penurunan berat tubuh walaupun tidak sedang berusaha untuk menurunkannya.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gangguan kesehatan lainnya yang juga dapat mengakibatkan Anda berkeringat ketika tidur:
  • Infeksi , termasuk tuberkulosis (TBC)
  • Berbagai jenis obat-obatan menyerupai obat anti depresi , terapi sulih hormon , insulin
  • Hipertiroidisme
  • Diabetes (hipoglikemia)
  • Gangguan saraf autonom
Sumber: Sleepdisorder
Back To Top