Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

9 Kebiasaan Buruk Yang Harus di Hindari Ketika Selasai Makan

Baca Juga

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa terkadang mereka selalu melaksanakan beberapa kebiasaan buruk dikala selesai makan. Misalnya menyerupai merokok, makan buah dan bahkan terkadang ada beberapa diantara kita yang eksklusif tidur dikala selesai makan. Meskipun hal diatas tersebut kelihatanya sepele tetapi bekerjsama Anda tidak boleh melaksanakan kebiasaan-kebiasaan menyerupai merokok, tidur atau makan buah dikala selesai makan alasannya ialah hal ini mampu berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

Nah, berikut dibawah ini ada 9 kebiasaan buruk yang sebaiknya jangan Anda lakukan dikala selesai makan. Penasaran ? yuk eksklusif saja simak selengkapnya dibawah ini.

Kebiasaan Buruk Yang Harus di Hindari Ketika Selasai Makan



Kebiasaan Buruk Setelah Makan


1.  Merokok
Kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang dikala mereka selesai makan ialah merokok. Bagi pencandu rokok, mereka mengatakan bahwa sehabis makan tidak merokok rasanya beda dan lisan terasa masam. Padahal merokok sehabis makan ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan badan kita dan sangat beresiko meningkatkan timbulnya kanker paru-paru, kanker tenggorokan sampai bahkan kanker perut. Merokok sehabis makan sama halnya dengan Anda mengkonsumsi rokok 10 bungkus sekaligus.


2. Makan Buah
Kemudian kebiasaan kedua yang juga harus dihindari dikala selesai makan ialah mengkonsumsi buahan. Banyak orang yang salah kaprah mengenai hal ini, mereka menganggap bahwa buah ialah makanan penutup dan mengkonsumsinya dikala selesai mengkonsumsi makanan utama. Padahal mengkonsumsi buah sehabis makan mampu membuat perut terasa penuh sehingga pencernaan kita menjadi sulit mencerna serat makanan yang masuk kedalam tubuh. Buah seharusnya dikonsumsi di awal, biar badan lebih banyak mendapat manfaat nutrisi dan proteinnya.

3. Minum Air Es
Mengkonsumi minuman hambar atau air es sehabis makan memang terasa nikmat, tetapi tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan ini memiliki efek yang tidak baik bagi badan kita. Air hambar atau air es ini akan membuat pencernaan kita menjadi tidak optimal dan mengganggu proses absorpsi nutrisi pada tubuh.

4. Mandi
Langsung mandi sehabis makan juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan badan kita. Bahkan para andal kesehatan jauh-jauh hari sudah memperingati akan ancaman mandi sehabis makan ini. Orang-orang yang sering melaksanakan kebiasaan ini maka lama-kelamaan sistem pencernaan nya akan melemah sehingga akan mengganggu proses pencernaan. Apabila sistem pencernaan kita sudah terganggu maka mampu menimbulkan aneka macam macam penaykit pada badan kita.


5. Tidur
Ketika selesai makan biasanya perut akan menjadi kenyang. Nah, apabila sudah kenyang maka biasanya mata pun akan terasa sangat ngantuk sehingga hal ini membuat kita serasa ingin tidur. Meskipun mata Anda terasa ngantuk tetapi sebaiknya janganlah tidur alasannya ialah tidur setelah selesai makan sangat tidak baik bagi kesehatan badan kita. Hal ini membuat pencernaan Anda tidak mampu bekerja secara optimal sehingga makanan yang gres saja masuk tidak mampu dicerna dengan baik. Tidak hanya itu saja bahkan tidur sehabis makan ini juga mampu menimbulkan perut Anda menjadi kembung serta beresiko terjadinya peradangan.

6. Minum Teh Hangat
Apakah Anda sering mengkonsumsi segelas teh hangat sehabis makan ? jikalau iya maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut alasannya ialah Ini juga merupakan suatu kebiasaan buruk yang harus dihindari dikala selesai makan. Kandungan tannin yang terdapat pada teh mampu menghipnotis dan mengganggu proses absorpsi protein didalam lambung. Tidak hanya itu saja, zat tersebut juga mampu menghambat absorpsi zat besi sehingga apabila kebiasaan ini terus Anda lakukan maka lama-kelamaan akan menimbulkan Anda terkena anemia.


7. Jalan Cepat
Kemudian kebiasaan buruk lainnya yang harus Anda hindari dikala selesai makan ialah berjalan cepat. Jalan cepat sehabis makan mampu mengganggu proses absorpsi nutrisi dan bahkan terkadang mampu menimbulkan perut terasa menyerupai tertusuk-tusuk serta mual.

8. Melonggarkan Ikat Pinggang
Ketika perut terasa kenyang, biasanya sebagian dari kita akan berusaha untuk melonggarkan ikat pinggang biar perut menjadi lega. Nah, ternyata hal ini ialah suatu kebiasaan buruk yang harus Anda hindari dikala selesai makan alasannya ialah melonggarkan ikat pinggang sehabis makan mampu menimbulkan lambung menjadi turun jawaban tekanan dalam perut yang diturunkan. Selain itu, kebiasaan ini juga mampu menimbulkan usus terbelit.

9. Menari
Kemudian kebiasaan buruk terakhir yang harus dihindari dikala selesai makan ialah menari. Menari sehabis makan ini mampu menimbulkan pencernaan Anda menjadi terganggu sehingga proses absorpsi nutrisi pun menjadi terhambat. Tunggulah sampai 30 menit atau satu jam setelah selesai makan maka silahkan Anda lanjutkan untuk menari.

Itulah 9 kebiasaan buruk yang harus dihindari dikala selesai makan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.
Tag : Gaya hidup
Back To Top