Tips sehat, Informasi seputar Dunia Kesehatan, Pengobatan Herbal, dan berbagai Info Terkini Dunia Medikal tersaji lengkap

10 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Baca Juga

Bahaya duduk terlalu lama tidak mampu dianggap sepele bahkan kebiasaan duduk lama sampai berjam-jam baik itu ketika di kantor ataupun didepan komputer memiliki efek negatif yang tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan badan kita, apabila hal ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin jikalau nantinya Anda akan mudah terserang banyak sekali macam penyakit. Bahkan duduk terlalu lama ini juga mampu meningkatkan resiko janjkematian akhir serangan penyakit jantung.

Nah, berikut dibawah ini setidaknya ada 10 ancaman akhir duduk terlalu lama bagi kesehatan badan dan tulang Anda. Penasaran ? yuk eksklusif saja kita simak :

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan




Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan


1. Kolesterol Tinggi
Banyak hal yang menimbulkan mengapa kadar kolesetrol didalam badan kita meninggi, selain salah mengkonsumsi makanan ternyata kenaikan kadar kolesterol didalam badan juga mampu di picu akhir kebiasaan buruk yang sering kita lakukan sehari-hari yaitu terlalu lama duduk. Orang-orang yang sering duduk berlama-lama baik itu ketika sedang menonton televisi ataupun di depan komputer secara perlahan-lahan kadar kolesterol didalam tubuhnya akan meningkat. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi tentunya sangat beresiko bagi kesehatan badan kita, bahkan apabila dibiarkan tanpa diatasi maka hal ini mampu memicu terjadinya serangan jantung.

2. Obesitas
Kemudian dampak negatif akhir terlalu lama duduk yang kedua ialah mampu menimbulkan badan menjadi obesitas. Orang yang terlalu sering duduk berjam-jam tentunya pembakaran kalori didalam tubuhnya tidak terlalu optimal sehingga hal ini membuat Anda sangat beresiko mengalami obesitas atau kegemukan.

3. Sakit jantung
Seperti yang sudah saya bahas diatas tadi bahwa duduk terlalu lama mampu menimbulkan kadar kolesterol didalam badan meningkat. Nah, apabila kadar kolesterol didalam badan Anda terus meningkat dan tinggi maka hal ini mampu menimbulkan Anda mudah terkena penyakit jantung.

3. Kanker
Duduk terlalu lama ternyata juga mampu meningkatkan resiko terbentuknya sel kanker didalam badan Anda. Meskipun masih banyak beberapa penyebab lainnya dari penyakit kanker ini dan kemungkinan seseorang terkena kanker akhir sering duduk terlalu lama ini sangat kecil tetapi Anda tetap harus waspada dan sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering duduk berlama-lama di depan komputer ataupun di depan televisi.

4. Diabetes
Bahaya duduk terlalu lama selanjutnya ialah mampu menimbulkan Anda beresiko terserang diabetes. Kurangnya acara fisik akhir terlalu banyak duduk mampu menimbulkan sensitivitas insulin berkurang sehingga apabila kebiasaan buruk ini tetap dilanjutkan maka bukan tidak mungkin jikalau nantinya Anda akan mengalami penyakit yang satu ini.

5. Otak Berasap
Maksud otak berasap disini bukan berarti otak Anda benar-benar mengeluarkan asap tetapi ini hanyalah sebuah istilah. Seseorang yang sering duduk terlalu lama dan jarang melaksanakan acara fisik maka akan membuat otot menjadi aktif untuk memompa darah segar dan oksigen ke otak dan memicu segala macam  bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. Lain halnya apabila Anda ialah seorang yang aktif maka semuanya mampu lambat masuk ke otak Anda.

6. Sindrom Metabolik
Sindrom metabolik ialah suatu kondisi dimana seseorang memiliki resiko untuk terkena penyakit diabetes, jantung, obesitas akhir alasannya kurangnya acara fisik dan sering mengkonsumsi makanan tinggi kalori. Nah, maka dari itu apabila Anda terlalu sering duduk berlama-lama dan kurang acara fisik maka besar kemungkinan akan terkena sindrom metabolik

7. Sakit punggung
Kemudian efek negatif akhir duduk terlalu lama ini juga mampu menimbulkan sakit pada punggung. Bahkan para mahir kesehatan mengatakan tidak hanya membuat punggung menjadi nyeri saja, duduk terlalu lama juga mampu memicu terjadinya perubahan pada tulang belakang.

8. Gangguan kaki
Duduk terlalu lama bukan hanya menimbulkan penyakit menyerupai diabetes, jantung ataupun obesitas tetapi juga mampu menimbulkan gangguan pada kaki kita.  Duduk yang terlalu lama akan membuat sirkulasi darah menjadi terhambat sehingga menimbulkan cairan berkumpul dikaki yang kemudian akan membuat kaki kita mengalami nyeri, nanah pada pergelangan kaki sampai menimbulkan varises.

9. Kerusakan saraf
Kemudian duduk yang terlalu lama atau membisu pada posisi yang sama sampai berjam-jam mampu menimbulkan kerusakan pada saraf.

10. Depresi
Bahaya duduk terlalu lama yang terakhir ialah yaitu mampu menimbulkan Anda mengalami depresi. Meskipun hal ini terdengar sedikit abnormal tetapi memang benar adanya, semakin lama Anda duduk maka semaki besar Anda akan mengalami depresi.


Itulah ancaman duduk terlalu lama bagi kesehatan tubuh. Nah, maka dari itu mulailah dari sekarang untuk membiasakan diri semoga kita tidak duduk sampai berjam-jam lamanya alasannya ternyata kebiasaan tersebut sangatlah tidak baik dan mempercepat kematian.
Back To Top